Kubu AMIN Optimis MK Kabulkan Gugatan Pilpres

Kubu AMIN Optimis MK Kabulkan Gugatan Pilpres: Hakim Substantif,

Tim Hukum Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) optimis gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) atau sengketa Pilpres 2024 yang mereka ajukan akan dikabulkan Mahkamah Konstitusi (MK).

“Kami sangat optimis, sangat optimis, sangat yakin masih dan sangat optimis permohonan kami akan dikabulkan,” kata Ketua Tim Hukum AMIN Ari Yusuf Amir kepada wartawan di Gedung MK, Selasa (16/4).

Kepercayaan diri tim AMIN tersebut berdasarkan berjalannya persidangan. Mereka menilai hakim konstitusi telah sungguh-sungguh memeriksa perkara yang mereka mohonkan.

MK tidak membahas tentang angka-angka perolehan suara. Melainkan lebih kepada hal yang substantif.

“Jadi kalau di awal-awal diragukan bahwa ini prosesnya adalah proses tentang hasil, bukan lagi proses tentang kaitan dengan substansi, bahwa ini kuantitatif tidak bisa kualitatif, ternyata dalam proses persidangan kawan-kawan telah menyaksikan hakim menggali yang substantifnya. Hakim menggali tentang kualitas pemilunya,” ungkap Ari.

“Jadi tidak sama sekali membahas tentang angka-angka di sana. Alhamdulillah, jadi harapan kami sudah terlaksana dengan baik dan kami sudah sangat puas dengan proses persidangan ini, tinggal di ujungnya sama-sama kita menunggu hasilnya,” imbuhnya.

Kubu AMIN telah menyampaikan kesimpulan persidangan kepada MK. Mereka juga menyampaikan bukti tambahan mengenai dugaan persyaratan calon hingga dugaan penyalahgunaan Bansos.

“Ada 35 bukti tambahan yang kami sampaikan menjadi bagian tidak terpisahkan dari kesimpulan ini. Di antaranya berkenaan dengan soal pelanggaran terhadap persyaratan calon,” kata tim hukum AMIN, Heru Widodo, pada keterangan sama.

“Kemudian juga bukti tentang pelanggaran-pelanggaran, berupa penyalahgunaan Bansos. Kemudian netralitas pejabat kepala daerah, kepala desa. Kemudian juga mengenai IT. Semua kami sertakan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari kesimpulan yang kami sampaikan,” tambah Heru.

Adapun dalam permohonannya, kubu AMIN ini meminta agar cawapres 02 Gibran Rakabuming Raka didiskualifikasi karena pencalonannya bermasalah. Juga agar digelarnya pemilu ulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *