Anies Bilang Tunggu MK Usai Disebut Cak Imin Tak Niat Maju Pilkada

Jakarta – Sejumlah partai sudah membuka pendaftaran untuk masyarakat yang ingin berlaga di Pilkada 2024. Anies Baswedan disebut tak ada niat untuk maju Pilkada 2024 meski statusnya sebagai mantan Gubernur DKI Jakarta 2017-2024 yang berpeluang kembali menjabat periode kedua.
Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang mengatakan Anies tidak berminat maju dalam Pilkada 2024. Cak Imin mengatakan pasangannya di Pilpres 2024 itu masih fokus dalam sengketa hasil Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Mas Anies dan saya masih konsentrasi pada menunggu keputusan MK. Jadi tidak ada satu sikap atau satu niat dari Mas Anies untuk maju di pilkada. Karena detik ini tidak terlintas pun untuk maju pilkada karena kita masih harus melalui proses pilpres sampai tuntas,” ujar Cak Imin saat jumpa pers di rumah dinasnya, Jalan Widya Chandra, Jakarta Selatan, Sabtu (20/4).

Cak Imin mengumumkan partainya sudah membuka pendaftaran bagi masyarakat yang berniat maju dalam kontestasi Pilkada 2024. Dia mengatakan tidak membatasi siapa pun pihak yang ingin mencalonkan diri lewat PKB.

“Sejak hari ini tanggal 20 April 2024, saya nyatakan PKB membuka pendaftaran, PKB membuka peluang kepada semua pihak, latar belakang perbedaan partai, latar belakang perbedaan agama, suku, golongan, boleh mendaftar yang ingin diusung oleh PKB,” ujar Cak Imin.

Cak Imin menjelaskan pihak internal partai nantinya akan menetapkan beberapa kriteria terhadap para calon termasuk rekam jejak. Dia juga menyebut PKB memiliki peluang dalam menentukan setiap calon di pilkada baik secara mandiri maupun berkoalisi.

“Tentu kami akan menentukan berdasarkan beberapa kriteria dan indikator termasuk visi dan misinya sekaligus komitmen dan track recordnya serta kapasitas dan kemampuannya terutama,” jelas Cak Imin.

“PKB memiliki kesempatan, memiliki kursi, memiliki suara di seluruh kabupaten/kota di Indonesia dengan variasi, bisa mengusung sendiri, berkoalisi dengan partai lain untuk memenuhi syarat threshold mengusung seorang calon gubernur ataupun calon bupati dan wali kota,” sambungnya.

Perihal tak ada niat Pilkada 2024, ditegaskan Anies saat sebelum dan sesudah halalbihalal dengan Cak Imin di lokasi yang sama, dia mengatakan masih fokus terhadap sidang sengketa pilpres di Mahkamah Konstitusi.

“Kita lagi urus MK,” ucap Anies sebelum halalbihalal.

“Ini mau nunggu MK,” imbuh Anies setelah pertemuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *