Reaksi setelah MK tolak gugatan hasil Pilpres 2024, dari Prabowo hingga pengunjuk rasa

Berbagai reaksi mengemuka setelah Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan menolak seluruh gugatan hasil Pemilihan Presiden 2024, pada Senin (22/04).

Anies dan Muhaimin: ‘Koalisi Perubahan sudah selesai’

Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, mengucapkan selamat untuk kemenangan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024.

“Kami sampaikan kepada Pak Prabowo dan Pak Gibran, selamat menjalankan amanat konstitusi, selamat bekerja menunaikan harapan rakyat yang kini diembankan di atas pundak bapak-bapak berdua,” kata Anies dalam keterangan video di Jakarta, Senin (22/04) malam.

Anies dan Muhaimin menyebut, koalisi perubahan sudah selesai usai putusan MK terkait sengketa Pilpres 2024.

“Koalisi perubahan secara target, tujuan dan fungsi sudah selesai,” kata Muhaimin di Kantor DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jakarta, Senin (22/04) malam.

Muhaimin yang juga Ketua Umum PKB menegaskan PKB sangat berharap bisa bekerja sama dengan Partai NasDem, PKS, dan partai-partai manapun.

“Itu memudahkan kalau kerja sama di masa datang,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Partai NasDem, Surya Paloh, memberikan sinyal bakal merapat ke kubu pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dengan menyampaikan perumpamaan saatnya untuk menutup buku lama dan membuka buku baru.

Menurut Surya, bergabung dengan koalisi yang menang Pilpres 2024 merupakan keputusan terbaik untuk menjaga kepentingan bangsa dan stabilitas nasional.

“Maka wajar kita semuanya seharusnya ibarat menutup buku lama dan membuka buku baru. Itu harapan saya. Indonesia membutuhkan spirit, semangat ini. Kita boleh bertikai satu sama lain di dalam kompetisi, tetapi ketika kompetisi selesai, kita harus menghargai. Yang kalah menghargai yang menang, yang menang apalagi. Inilah kekuatan kita seharusnya,” tutur Surya Paloh.

Prabowo: ‘Terima kasih MK’

Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, berterima kasih kepada jajaran hakim MK karena telah menjalankan tugas menangani sengketa Pemilu 2024.

“Terima kasih untuk semua masyarakat, terima kasih untuk dukungannya, terima kasih kepada MK yang sudah menjalankan tugas yang berat,” kata Prabowo di kediamannya di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (22/04).

Kini setelah proses di MK selesai, Prabowo beserta jajarannya tengah fokus mempersiapkan diri untuk memimpin Indonesia.

“Kita bersyukur proses di MK sudah selesai, dan kita sekarang tentunya melakukan persiapan-persiapan untuk menghadapi masa depan,” kata Prabowo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *