Totok Harap Bawaslu Kerja Cepat dan Tepat dalam Susun Keterangan Tertulis PHPU Pileg 2024

Anggota Bawaslu Totok Hariyono menyampaikan arahan kepada seluruh jajaran Bawaslu Provinsi hingga Bawaslu Kabupaten/Kota terkait penyusunan keterangan tertulis PHPU Pileg 2024 di Jakarta, Selasa (23/4/2024)

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Anggota Bawaslu Totok Hariyono meminta seluruh jajaran Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota bisa bekerja lebih cepat dan tepat dalam menyusun keterangan tertulis Perselisihan Hasil Pemilu Legislatif (PHPU Pileg) calon anggota DPR, DPD, dan DPRD Tahun 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK). Dia meminta pada 29 Mei 2024 seluruh berkas sudah diserahkan kepada MK.

Dia mengatakan Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu RI akan mendampingi proses penulisan keterangan tertulis. Sehingga, tambah dia, jika majelis MK meminta bukti dan keterangan tertulis Bawaslu semuanya dapat disampaikan dengan benar dan jelas sesuai fakta.

“Yang penting disiapkan alat bukti sampaikan keterangan tertulis, jangan sembarangan! Termohon itu ada KPU nanti Bawaslu memberikan keterangan benar atau tidak peristiwa yang terjadi saat di TPS,” jelasnya dalam Rapat Kerja Teknis Bidang Perundang-undangan dan Advokasi Hukum di Jakarta, Selasa (21/4/2024).

Dalam arahannya, Totok juga meminta agar divisi selain hukum dapat membantu dan membagi tugas. Salah satunya dia meminta divisi lain dapat menyiapkan hal-hal yang dibutuhkan seperti alat bukti yang masih dalam proses pengumpulan.

“Divisi hukum harus mampu menguasai masalah, terlebih Bawaslu Provinsi harus tahu kejadian dan peristiwa di Kabupaten/Kota, distrik, desa atau wilayah yang bermasalah,” ucap dia.

Totok meminta 29 Mei 2024 mendatang, Bawaslu Provinsi hingga Bawaslu Kabupaten/Kota harus sudah membawa seluruh berkas untuk diserahkan ke MK. Jika ada kendala transportasi, dia meminta agar berbagai cara dilakukan seperti difoto atau discan agar bisa dikirimkan ke Jakarta untuk diberikan ke MK.

“Ayo kita masih punya kesempatan melakukan yang terbaik saat memberikan keterangan. Ayo bekerja sungguh-sungguh saya minta semua gotong royong kerja saling bantu yang lain,” tutur Totok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *