PKB dan PKS Sepakat Koalisi, Siapa Gaconya di Pilgub Jatim 2024?

Surabaya – PKB dan PKS sepakat akan berkolaborasi pada kontestasi Pilkada Serentak Kabupaten/Kota 2024. Salah satunya di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur. Lantas siapa gaco kedua parpol tersebut di Pilgub Jatim 2024?
Wakil Ketua DPW PKB Jawa Timur Hikmah Bafaqih menyambut baik kolaborasi itu. Ia menyebut PKB dan PKS sudah tidak canggung untuk bekerja sama.

“Koalisi Pilkada dengan partai mana pun akan sangat menarik dan strategis untuk dilakukan. Saya pikir dengan PKS ini juga sudah cair, tidak ada lagi batasan terkait koalisi Pilpres kemarin,” kata Hikmah saat dikonfirmasi detikJatim, Jumat (26/4/2024).

Hikmah mengatakan, selama kolaborasi PKB dan PKS bisa menguatkan di level Pilkada kabupaten/kota maupun provinsi, besar kemungkinan akan lanjut pada tahap koalisi bersama.

“Dengan PKS, selama petanya secara kabupaten/kota memang menguatkan tentu dengan senang hati PKB akan lakukan,” jelasnya.

Soal kerja sama di Pilgub Jatim, Hikmah meminta semua pihak menunggu terlebih dahulu. Termasuk nama-nama yang digodok PKB maupun PKS untuk diusung di Pilgub Jatim 2024.

“Ya tunggu dulu, sabar. Ya yang beredar-beredar saja,” tambahnya.

Sementara Sekretaris DPW PKS Jatim Ahmadi mengungkapkan, komunikasi partainya dengan PKB selama ini tidak ada masalah. Terlebih sebelumnya tergabung dalam koalisi di Pilpres 2024.

“Jadi, kami sangat mungkin dan terbuka untuk komunikasi,” kata Ahmadi.

PKS, kata Ahmadi juga memastikan terus memelototi berbagai dinamika politik kekinian di daerah. Sebab menurut Ahmadi, Pilkada memang tidak bisa dilepaskan dengan dinamika politik lokal, baik untuk konteks Pilgub Jatim maupun Pilkada kabupaten/kota.

Hanya saja, sebagai pengurus wilayah, PKS Jatim memastikan bakal mengikuti arahan PKS tentang peluang kerja sama politik di tingkat Pilkada. Pintu PKS juga terbuka untuk petahana Khofifah Indar Parawansa sebagai kandidat petahana.

“Kami tegaskan terbuka kepada siapapun,” ungkap Ahmadi.

Ahmadi menegaskan, PKS masih melakukan berbagai penjajakan politik dengan berbagai parpol dan tokoh. Hal ini dilakukan sebelum nantinya memutuskan dukungan kepada calon. Penjajakan itu dilakukan oleh DPW PKS Jatim Irwan Setiawan ke berbagai simpul tokoh di Jawa Timur.

“Tapi memang sejauh ini politik masih cair,” ujarnya.

Sebelumnya, dilansir dari detiknews, PKS dan PKB sepakat akan berkolaborasi pada kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Mulanya rombongan PKS datang ke kantor PKB di Jakarta. Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin berterima kasih atas kunjungan PKS. Dia berharap dapat bekerja sama dengan PKS di legislatif maupun di eksekutif.

“Kalau tidak eksekutif pusat, ya di eksekutif daerah. Sebelum eksekutif tentu ada koalisi-koalisi di tingkat pilkada. Insyaallah kita juga akan nanti kita cari jalan agar kita bisa berkoalisi. Toh kita punya pengalaman banyak berkoalisi bersama PKS,” kata Cak Imin usai pertemuan, Kamis (25/4/2024).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *