Sederet Gaco yang Dipasang PPP di Pilkada Serentak Jawa Timur

Surabaya – PPP menyiapkan sejumlah kader internalnya untuk turun gelanggang di Pilkada Serentak 2024 di 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur.
Wakil Ketua DPW PPP Jatim Mujahid Ansori mengatakan, pihaknya sudah mulai memetakan sejumlah daerah yang berpotensi bisa menempatkan kader PPP sebagai kepala daerah.

“Ada sejumlah daerah di mana PPP bisa mengusung sendiri kader, seperti di Situbondo. Prioritas lain ada juga di Bondowoso dan Jombang,” kata Mujahid di Kantor DPW PPP Jatim, Rabu (24/4/2024).

Di Situbondo, Mujahid menyebut PPP memiliki 9 kursi DPRD kabupaten dan bisa mengusung kader sendiri. Untuk internal, ada nama Zeiniye yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPC PPP Situbondo dan Anggota DPRD Jatim.

“Kalau eksternal, bupati sekarang Karna Suswandi juga kami perhitungkan, karena dulu berangkat nyalon di Pilkada 2020 dari PPP juga. Ada juga Ketua PCNU Situbondo KH Muhyiddin Khatib yang dulu pernah jadi ketua PPP di sana. Cabup di Situbondo target kami bisa memberangkatkan kader sendiri,” jelasnya.

Selanjutnya, PPP akan menyiapkan kader internal di Bondowoso yakni Buchori Mun’im yang notabene adalah Ketua DPC PPP Bondowoso.

“Karena di Bondowoso PPP dapat 7 kursi, gaco kita Ketua DPC untuk running di Pilbup Bondowoso,” jelas Mujahid.

“Kemudian, di Pilbup Lumajang, kita ada dua gaco. Ada Ketua PPP Lumajang Haji Sudi dan Lucita atau Ning Fika yang merupakan Caleg PPP DPR RI di Dapil Jatim IV. PPP punya 7 kursi di Lumajang, dan siap meraih kemenangan di Pilkada,” tambahnya.

Mujahid kemudian menyebut, PPP siap mengusung kader sendiri di Pilbup Probolinggo. PPP memiliki 6 kursi DPRD Kabupaten Probolinggo dan siap berkoalisi dengan partai lain.

“Kabupaten Probolinggo ada Habib Mahdi dan Habib Salim Quraisy. Dua nama itu potensi, minimal cawabup,” jelasnya.

“Lalu di Kabupaten Mojokerto, PPP kemungkinan besar akan merekom Gus Barra,” tambahnya.

Di wilayah Madura, PPP menargetkan memiliki kepala daerah di 4 kabupaten. Dimulai dari Pamekasan, PPP menyiapkan Achmad Baidowi (Awiek).

“Di Pamekasan ada potensi karena PPP pemenang pemilu 7 kursi. Kami siapkan Ketua DPP yakni Mas Awiek. Kami juga sedang komunikasi dengan Fattah Jasin,” jelasnya.

“Kemudian di Sumenep, PPP punya 6 kursi. Kita siapkan cawabup yakni kader internal kami yang juga Ketua PPP Sumenep KH Ali Fikri,” lanjutnya.

Di Sampang, PPP akan mengusung Abdullah Hidayat yang notabene merupakan Ketua PPP Sampang dan juga Wabup Sampang 2018-2023.

“Kemudian di Bangkalan potensi, PPP punya 6 kursi, Kita siapkan Ketua DPC Lora Hasbulloh,” ungkapnya.

Mujahid juga menegaskan, PPP siap kembali mengusung Mundjidah Wahab sebagai Cabup Jombang. “Jombang kami yakin Bu Nyai Mundjidah Wahab akan kami usung dan menang,” tegasnya.

Di wilayah perkotaan, PPP menargetkan bisa memiliki wakil wali kota di Blitar dan Kota Surabaya.

“Di Kota Blitar PPP punya 3 kursi. Ada Agus Ketua DPC Kota Blitar kami siapkan sebagai Cawawali termasuk di Surabaya, PPP punya 3 kursi, kami siapkan Agus Mashuri sebagai cawawali. Kalau eksternal, PPP cawalkot tetap Eri Cahyadi. Kalau eksternal cawawali ada Bayu Airlangga,” tandas Mujahid.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *