Mendekati Pilkada 2024, Begini Riuh Kandidat Kuat Sejumlah Parpol

Mendekati Pemilihan Kepala Daerah disingkat Pilkada 2024 para partai politik mulai menyiapkan kandidat yang akan diusung. Beberapa nama telah diisukan akan maju dalam pilkada di daerah-daerah. Berikut beberapa parpol yang akan bersaing dalam Pilkada 2024 yakni sejumlah pilgub.

Peta politik pilkada Jawa Timur masih sangat dinamis. Hingga saat ini baru Khofifah Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestiano Dardak atau Emil Dardak yang memastikan maju di Pilgub Jatim 2024. Khofifah yang berasal dari PKB juga telah mendapat sejumlah dukungan, salah satunya dari Golkar.

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, mengaku telah menunjuk sejumlah kader perempuan untuk dapat berkontestasi dalam Pemilihan Kepala Daerah alias Pilkada 2024 mendatang. “Jawa timur juga Ibu Khofifah,” tuturnya.

Namun sejumlah nama diisukan memiliki elektabilitas tinggi untuk maju dalam pilkada Jatim 2024. Merujuk hasil survei Top of Mind bakal calon Gubernur di Pilkada Jatim 2024 yang digelar lembaga survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI), Tri Rismaharini memiliki elektabilitas di bawah Khofifah dengan 11,3 persen.

Tri Rismaharini atau kerap disapa Risma merupakan Menteri Sosial dan eks Wali Kota Surabaya dua periode. Ia diketahui berasal dari partai PDIP. Perempuan kelahiran 20 November 1961 ini masuk Kabinet Indonesia Maju sejak 23 Desember 2020.

Sumatera Utara

Mantan Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi mengambil formulir pendaftaran bakal calon gubernur di Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPD PDIP) Sumut untuk bertarung dalam Pilkada 2024. Formulir Pilgub Sumut 2024 ini telah diambil Edy melalui perwakilan.

“Edy Rahmayadi diwakilkan tim mengambil formulir pendaftaran kemarin (Sabtu 20 April 2024) di Kantor PDIP Sumut,” tutur Wakil Ketua DPD PDIP Sumut, Aswan Jaya, pada 21 April 2024, seperti diberitakan Antara.

Pendaftaran Edy menunjukkan akan menjadi saingan Bobby Nasution dalam Pilgub Sumut 2024. Pasalnya, Bobby juga akan mengambil formulir dari partai-partai yang sudah membuka pendaftaran, kecuali PDIP lantaran dinilai sudah mendepaknya. Ia menegaskan, “Kita mencoba dari semua partai kalau bisa. PDIP nanti Insyaallah kita coba.”

Jakarta

Sejumlah nama politikus didiskusikan sebagai kandidat calon gubernur di DKI Jakarta dalam Pilkada 2024. Sejumlah nama yang kuat yakni Anies Baswedan atau Ahmad Sahroni dari partai NasDem dan Ridwan Kamil, Ahmed Zaki Iskandar dari parpol Golkar.

Pengamat politik Ujang Komarudin mengatakan, Anies berkemungkinan diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) seperti pada Pilkada DKI Jakarta 2017. “Karena Anies juga PKS kecipratan elektoral tinggi di Jakarta,” kata Ujang, Selasa, 5 Maret 2024.

Sedangkan Ridwan Kamil dan Ahmed Zaki Iskandar digadang-gadang akan diusung Partai Golkar untuk maju dalam Pilkada DKI Jakarta. Tetapi, soal kepastian siapa yang maju akan tergantung pada hasil survei kedua nama itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *