Setelah Berkoalisi di Pilpres, PKS Siap Bekerja Sama dengan PKB di Pilkada 2024

Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera atau PKS, Aboe Bakar Alhabsyi, mengatakan partainya siap bekerja sama dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada pemilihan kepala daerah atau Pilkada 2024 yang akan digelar secara serentak pada 27 November mendatang. PKS dan PKB adalah anggota koalisi pengusung pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di Pilpres 2024.

“Yang cepat sudah putus adalah kolaborasi Pilkada ya, saya tawarkan PKB kalau ingin ambil jadi gubernur kami tawarkan,” katanya di Kantor DPP PKB, Jakarta, Kamis malam, 25 April 2024 seperti dikutip Antara.

Aboe menuturkan PKS juga siap membantu PKB memenangi Pilkada yang merupakan bagian dari basis suara partai pimpinan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin seperti di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Kami siap dan kami akan bekerja sama di banyak daerah, khusus di Jawa Timur, Jawa Tengah markas-markasnya PKB kami siap membantu, dan selanjutnya kami akan coba ke depan membangun kerja sama di parlemen,” tuturnya.

Dia mengungkapkan hal itu setelah elite PKS yang dipimpin Ketua Umum Ahmad Syaikhu bertemu elite PKB yang dipimpin Ketua Umum Muhaimin Iskandar di Kantor DPP PKB, Jakarta.

Muhaimin mengatakan pertemuan tersebut untuk menyamakan persepsi berbagai pengalaman bersama-sama dalam Koalisi Perubahan. Dia berharap PKB dan PKS bisa meneruskan kerja sama, baik pada tingkat legislatif maupun eksekutif.

“Kalau tidak di eksekutif pusat, ya eksekutif daerah. Sebelum eksekutif, ada koalisi di tingkat Pilkada. Insyaallah nanti kami cari jalan agar bisa berkoalisi,” kata Muhaimin.

Golkar Berkomunikasi dengan PKS untuk Pilkada Depok

Adapun sinyal koalisi PKS dengan Golkar di Pilkada 2024 Depok kian terang benderang. Hal ini dibuktikan setelah beredar foto Ketua DPD PKS Kota Depok Imam Budi Hartono dan Ketua DPD Partai Golkar Kota Depok Farabi A. Rafiq kedapatan tengah berdua di salah satu bank pelat merah di kawasan Margonda, Depok, Jumat, 26 April 2024.

Imam dan Farabi diketahui sudah beberapa kali bertemu dan semakin intens untuk membangun koalisi di Pilkada Kota Depok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *