Jokowi, Prabowo, hingga Suharso Rapat Bahas Operasi Khusus Papua

Presiden Jokowi siang ini memanggil sejumlah menteri untuk rapat terbatas membahas operasi khusus Papua.

Dalam rapat itu, Jokowi memanggil Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Wamenkeu Suahasil Nazara, Wamen BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Kepala BIN Budi Gunawan, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Ditemui usai rapat, Wamen BUMN Kartika Wirjoatmodjo atau akrab disapa Tiko tidak banyak memberikan detail soal pembahasan dalam rapat.

“Ini masalahnya bahas mengenai anggaran untuk operasi khusus di Papua,” kata Tiko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (8/5).

Terpisah, Suharso mengungkapkan rapat membahas soal percepatan pembangunan di Papua.

“Kita, kan, mengadakan pendekatan kesejahteraan di sana. Jadi tadi saya melaporkan bahwa kita sudah akan mulai tahun ini dan Wapres akan segera ke Papua karena sebagai ketua dalam pelaksanaan ini,” kata Suharso.
Ia menyebut, percepatan pembangunan Papua akan dimulai secara bertahap mulai dari pendidikan hingga kesehatan.

“Yang anggarannya itu sudah di-insert dalam kementerian dan lembaga. Tadi itu ingin dipastikan seperti itu, sementara untuk pendekatan keamanan itu juga diberikan perhatian secara khusus karena untuk menjamin kedamaian di Papua,” jelasnya.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin merupakan Ketua Badan Pengarah Percepatan Otonomi Khusus Papua (BP30KP). Suharso tidak tahu pasti kapan Ma’ruf akan kembali berkunjung ke Papua. Yang pasti, Suharso akan mendampingi jika Ma’ruf berkunjung ke Papua.

“Nanti tanya ke Beliau, jangan tanya saya,” ujarnya.

“Ya, mudah-mudahan [mendampingi],” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *